JOSINDONESIA

JOSINDONESIA

PENGERTIAN SUHU

Pengertian Suhu



1. Pengertian Suhu
Suhu dalam ruangan merupakan keadaan tekanan panas udara dalam ruang. Panas dalam ruangan dihasilkan karena tubuh manusia memproduksi panas yang digunakan untuk metabolisme basal dan muskular. Seorang dewasa menghasilkan panas 300 BTU/ jam, namun dari semua panas yang dihasilkan tubuh, hanya 20% saja dipergunakan dan sisanya akan dibuang ke lingkungan (Abdul Manan, 2007:466).

2. Sumber yang Mempengaruhi Suhu Ruangan
Sumber yang mempengaruhi iklim suhu ruangan adalah sebagai berikut :
1. Penggunaan bahan bakar biomassa
2. Ventilasi yang tidak memenuhi syarat
3. Kepadatan hunian
4. Bahan dan struktur bangunan
5. Kondisi Geografis
6. Kondisi Topografi
Untuk mencapai suhu tubuh yang stabil/ homeotermis maka terjadi pertukaran panas antar tubuh manusia dengan lingkungan, diantaranya melalui :
1. Konduksi, yaitu pertukaran panas antar tubuh dan benda-benda sekitar melalui sentuhan atau kontak
2. Konveksi, yaitu pertukaran panas tubuh dengan lingkungan melalui kontak udara dengan tubuh
3. Radiasi, dimana setiap benda termasuk tubuh manusia selalu memancarkan gelombang panas. Tubuh juga dapat menerima atau kehilangan panas lewat mekanisme radiasi bergantung dari suhu-suhu benda sekitar
4. Penguapan, yaitu panas tubuh yang dihasilkan melalui pengeluaran keringat dipermukaan tubuh ataupun melalui paru-paru saat bernafas (Suma’mur P.K., 1996:82-83).

3. Dampak Suhu Ruangan
Perubahan tingkat suhu mempengaruhi emisi dan absorpsi VOCs. Akumulasi uap pada konstruksi gedung menyebabkan kelembaban dan pertumbuhan mikroba (Dian Yulianty dalam Evi Wulandari, 2013).
Kuman mempunyai temperatur optimum yaitu dimana kuman tersebut tumbuh sebaik-baiknya, dan batas-batas temperatur dimana pertumbuhan dapat terjadi. Temperatur optimum biasanya merupakan refleksi dari lingkungan normal organisme tersebut. Oleh karena kuman-kuman yang patogen bagi manusia biasanya tumbuh dengan baik pada suhu 37°C (Suharto dan Aidilfiet Chatin, 1994:19-20). Selain berpengaruh pada pertumbuhan, suhu yang ekstrim juga dapat membunuh bakteri (Jawetz dkk, 2005:93).

Sumber : (Abdul Manan, 2007:466).


0 Response to " PENGERTIAN SUHU "

Post a Comment