JOSINDONESIA

JOSINDONESIA

PELUANG KEHAMILAN SETELAH BERHUBUNGAN SEKSUAL SECARA LANGSUNG

Peluang kehamilan setelah berhubungan seksual secara langsung 



Setiap berhubungan badan (seksual) tanpa adanya metode kontrasepsi maka harus dipersepsikan ada peluang kehamilan, tetapi besar peluang kehamilan akan berbeda-beda. Banyak faktor yang memengaruhi peluang terjadinya kehamilan setelah melakukan hubungan seksual secara langsung, yaitu : 

1. Cara berhubungan seksual, dimana laki-laki harus mengeluarkan sel spermanya di dalam vagina

2. Kualitas dari sel sperma laki-laki yang dihasilkan.

3. Wanita harus di dalam masa suburnya. Masa subur wanita biasanya berada di tengah periode siklus menstruasikurang lebih durasinya selama 7-8 hari. Pada masa subur ini wanita akan menghasilkan sel telur yang siap dibuahi oleh sel sperma jika berhubungan seksual secara langsung tanpa metode kontrasepsi. Jika berhubungan seksual dilakukan di luar masa subur wanita tersebut, maka tentu peluang kehamilan akan sangat kecil

Oleh sebab itu, tidak dapat ditentukan peluang kehamilan hanya dengan cerita di atas. Sedikit saja sel sperma keluar di dalam vagina tentu memiliki peluang kehamilan (asalkan wanita juga berada dalam masa suburnya, menghasilkan sel telur, dan sel sperma yang dihasilkan berkualitas cukup baik sehingga dapat membuahi sel telur). Namun, tindakan membilas vagina segera setelah terjadinya ejakulasi dapat mengurangi peluang kehamilan, tetapi tentu peluang tetap ada (walaupun kecil).

Jika pada siklus menstruasi selanjutnya tidak terjadi haid, atau terlambat datang bulan, maka segeralah memeriksakan diri kedokter untuk dilakukan pemeriksaan untuk memastikan status kehamilan Untuk saat ini, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, lakukanlah kegiatan seperti biasa, cukupi kebutuhan istirahat, dan makanlah makanan yang bergizi dan seimbang. Hindari mengkonsumsi makanan mentah (seperti lalapan sayur, daging setengah matang, dll).

Salam

Sumber : dr. Nadra Septiadi

0 Response to " PELUANG KEHAMILAN SETELAH BERHUBUNGAN SEKSUAL SECARA LANGSUNG "

Post a Comment