JOSINDONESIA

JOSINDONESIA

Tips Menghilangkan Flek Hitam dan Komedo di Wajah


Tips Menghilangkan Flek Hitam dan Komedo di Wajah

Flek hitam atau ephelis adalah istilah untuk kumpulan pigmen alami / melanin. Flek hitam dapat terlihat sebagai bintik-bintik pada kulit wajah ataupun bagian tubuh lain. Bintik-bintik ini akan cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit cerah. Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak membahayakan diri penderitanya. Namun flek hitam dapat membuat pria dan wanita merasa kurang percaya diri. Penyebab umum dari munculnya flek hitam diantaranya:
  1. Faktor keturunan
  2. Akibat paparan sinar matahari
  3. Pemakaian obat hormonal
  4. Kehamilan
  5. Bekas jerawat
  6. Pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan anti peradangan
  7. Pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat, bila digunakan terus menerus, akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.

Usaha untuk mengatasi flek diwajah sebenarnya tidak bersifat instan sehingga dibutuhkan ketekunan dalam mengabungkan perawatan wajah sehari-sehari yang disesuaikan dengan jenis kulit (normal, berminyak, kering / sensitive) dengan perawatan khusus secara kosmetik medis. Cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek yaitu:
  •     Memakai masker wajah
  •     Memakai krim wajah
  •     Penghilangan flek dengan teknologi tinggi seperti mikrodermabrasi, laser, mesoterapi, dll.

Beberapa flek hitam dapat menjadi tanda awal keganasan sehingga sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kulit akan menetukan terapi yang tepat sesuai dengan kondisi kulit anda. Jangan sembarangan memakai krim-krim pemutih wajah tanpa anjuran dokter karena saat ini banyak beredar krim pemutih dengan kandungan zat berbahaya bagi tubuh. Untuk mencegah timbulnya flek hitam:
  •     Gunakan tabir surya agar kulit tidak terpapar sinar UV matahari
  •     Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  •     Gunakan topi dan masker saat bepergian

Semoga bermanfaat

Sumber : dr. Satya sueningrat

0 Response to " Tips Menghilangkan Flek Hitam dan Komedo di Wajah "

Post a Comment