JOSINDONESIA

JOSINDONESIA

PENYEBAB DARI HIPERTENSI

Penyebab Dari Hipertensi



hipertensi merupakan istilah yang menyatakan meningkatnya tekanan darah melebih batas yang ditetapkan yakni dibawah 120/80 mmHg. Hipertensi dikatakan primer atau esensial bila penyebab pasti tidak diketahui dan dikatakan sekunder bila penyebabnya diketahui. Umumnya beberapa penyebab dari hipertensi ialah :
  • penyakit ginjal
  • ketidakseimbangan hormon
  • penggunaan obat-obatan seperti kokain dan alkohol

Untuk mendiagnosis hipertensi umumnya diperlukan 2 kali pengukuran berjarak 5 menit dalam keadaan tenang. Hal ini disebabkan bahwa tekanan darah seseorang dipengaruhi banyak hal secara fisiologis. Misalnya saja Anda mengukur tekanan darah ketika sehabis berlari hingga terengah-engah, tentu hasilnya akan lebih tinggi ketimbang Anda mengukur pasca bangun tidur ketika kondisi jantung dalam keadaan tenang. Pola konsumsi tertentu seperti tinggi garam, umumnya hanya memperparah hipertensi yang memang sudah ada. Pada orang tua rata-rata hipertensi disebabkan karena penyempitan pembuluh darah karena pengapuran atau karena endapan lemak di pembuluh darah. 

Hipertensi sendiri bila dibiarkan dapat berakibat buruk dijangka panjang, apalagi jika diagnosis hipertensi telah ditemukan sejak usia muda. Hipertensi dapat mengakibatkan serangkaian komplikasi seperti stroke, dan serangan jantung. Oleh karenanya penanganan hipertensi sedini mungkin harus dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan mengubah makanan dan olahraga. Manajemen stres juga penting adanya karena kondisi psikis kerap mempengaruhi tekanan darah seseorang. Konsultasikan kondisi tekanan darah Anda yang cenderung tinggi pada dokter agar pengobatan yang tepat dapat diberikan. Berikut kami lampirkan artikel mengenai hipertensi. Semoga bermanfaat.

Sumber : dr. Nugraha Kesuma Arief

0 Response to " PENYEBAB DARI HIPERTENSI "

Post a Comment