JOSINDONESIA

JOSINDONESIA

PENGERTIAN KWASHIORKOR

Pengertian kwashiorkor



A. Pengertian kwashiorkor
Kwasiorkor merupakan sindrom klinis akibat dari defisiensi protein berat dan masukan kalori tidak cukup. Dari kekurangan masukan atau kehilangan yang berlebihan atau kenaikan angka metabolic yang di sebabkan oleh infesi kronik, akibat defisiensi vitamin dan mineral dapat turut menimbulkan tanda- tanda dan gejala tersebut.

B. Penyebab kwashiorkor
Walaupun defisiensi kalori dan nutrient lain mempersulit gambaran klinik dan kimia, gejala utama malnutrisi protein disebabkan karena masukan protein tidak cukup bernilai biologis baik. Dapat juga karena penyerapan protein terganggu seperti pada keadaan diare kronik, kehilangan protein abnormal pada proteinuri, infeksi, perdarahan atau luka baker dan gagal mensitesis protein, seperti pada penyakit hati kronik.

C. Tanda- tanda kwashiorkor
Bukti klinik awal mal nutrisi tidak jelas tetapi meliputi letargis, apatis atau iritabilitas. Bila terus maju, mengakibatkan pertumbuhan akan tidak cukup, kurang stamina, kehilangan jaringan muskuler, bertambah kerentanan terhadap infeksi dan udem. Imunodefisiensi skunder merupakan salah satu manifestasi yang paling serius dan konstan. Misalnya campak, penyakit yang benigna pada anak gizi baik dapat memburuk dan mematikan pada anak malnutrisi.

D. Pencegahan
Keadaan ini memerlukan diet yang berisi jumlah cukup protein yang berkwalitas biologinya baik.Karena kwashiorkor tidak hanya mengalami perjalanan serius dan sering mematikan tetapi sering menimbulkan pengaruh dikemudian hari yang permanent dan merusak pada anak yang sembuh dan keturunannya petunjuk diet dan distribusi makanan yang cukup sangat segera dibutuhkan di daerah endemic.

Sumber ; farida isnaini

0 Response to " PENGERTIAN KWASHIORKOR "

Post a Comment