JOSINDONESIA

JOSINDONESIA

Pemilihan Nutrisi Untuk Bayi Prematur, Selection of Nutrition For Premature Babies


Pemilihan Nutrisi Untuk Bayi Prematur

Kebutuhan nutrisi bayi prematur merupakan hal yang perlu diperhatikan, hingga usia bayi mencapai dua tahun, dia mungkin tidak tumbuh secepat bayi dengan berat badan normal. Pada awalnya, kebanyakan bayi prematur perlu disusui sebanyak 8-10 kali sehari. Bila bayi menyusu dengan cukup, salah satu tandanya dapat terlihat dari bayi yang kencing sebanyak 6-8 kali sehari. Dari hasil penelitian dilaporkan bahwa manfaat ASI untuk bayi prematur sangat besar. Dalam jangka pendek, ASI memberikan antibodi pelindung dan membantu produksi flora usus yang penting. Sementara dalam jangka panjang, ASI efektif dalam memperbaiki kesempurnaan struktur dan fungsi jantung. Jadi memang sebaiknya pilihan pertama adalah ASI.

Ibu yang belum pernah melahirkan masih dapat menghasilkan ASI, dengan cara induksi laktasi. Mengenai hal ini, sebaiknya Ibu konsultasi langsung ke Dokter Spesialis Anak ya, agar dapat dilakukan metode induksi laktasi.

Tidak terdapat patokan dasar mengenai frekuensi buang air besar pada bayi, jadi yang perlu diwaspadai adalah tanda-tanda berikut:
  1.     Bayi menderita kolik, yaitu sakit perut yang membuat bayi rewel
  2.     Jika bayi menangis saat buang air besar (biasanya karena feses keras)
  3.     Jika bayi malas menyusu
  4.     Jika berat badan menyusut
Jika terdapat salah satu tanda di atas, segera bawa bayi ke Dokter terdekat.

Sumber : dr. Annes.

0 Response to " Pemilihan Nutrisi Untuk Bayi Prematur, Selection of Nutrition For Premature Babies "

Post a Comment