JOSINDONESIA

JOSINDONESIA

DEFINISI IBU RUMAH TANGGA


Definisi Ibu Rumah Tangga

1. Definisi Ibu Rumah Tangga
Ibu rumah tangga merupakan suatu istilah untuk menggambarkan seorang wanita yang sudah menikah dan mengerjakan pekerjaan di dalam rumah, seperti memasak, membersihkan rumah ataupun merawat keluarga dan menjaga anak-anaknya. Seorang ibu rumah tangga haruslah bertanggung jawab atas rumah tangganya (Astuti, 2013).
Ibu rumah tangga dapat diartikan sebagai seorang wanita yang mengatur penyelenggaraan berbagai macam pekerjaan rumah tangga, atau ibu rumah tangga merupakan seorang istri (ibu) yang hanya mengurusi berbagai pekerjaan dalam rumah tangga, tidak bekerja di kantor (KBBI, 2017).

2. Tugas Wanita/Ibu dalam Rumah Tangga Pada zaman sekarang ini sudah tidak sedikit wanita yang masih bekerja setelah menikah, baik itu sebagai buruh pabrik, pedagang, penjahit, pegawai, perawat, dokter, dan lain sebagainya. Para wanita yang masih bekerja setelah menikah untuk membantu perekonomian keluarga itu memiliki beban kerja yang sangat berat, karena selain bekerja di luar rumah mereka masih harus menyelesaikan pekerjaan rumah tangga tanpa bantuan campur tangan lelaki (Astuti, 2013).
Menurut Astuti (2013) wanita sebagai bagian dalam keluarga mempunyai beberapa tugas pokok diantaranya sebagai istri, sebagai ibu rumah tangga, dan sebagai pendidik bagi anak-anaknya. Berikut ini merupakan tugas yang disandang oleh seorang wanita :
a) Wanita sebagai istri
Wanita tidak hanya sebagai ibu rumah tangga tetapi juga sebagai pendamping suami seperti sebelum menikah, sehingga dalam rumah tangga tetap terjalin ketentraman yang dilandasi kasih sayang yang sejati. Wanita sebagai istri dituntut untuk setia pada suami agar dapat menjadi motivator kegiatan suami.

b) Wanita sebagai ibu rumah tangga
Sebagai ibu rumah tangga yang bertanggung jawab secara terus menerus memperhatikan kesehatan rumah dan tata laksana rumah tangga, mengatur segala sesuatu di dalam rumah tangga untuk meningkatkan mutu hidup. Keadaan rumah harus mencerminkan rasa nyaman, aman tentram, dan damai bagi seluruh anggota keluarga.

c) Wanita sebagai pendidik
Ibu adalah wanita pendidik pertama dan utama dalam keluarga bagi putra-putrinya. Menanamkan rasa hormat, cinta kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa serta kepada masyarakat dan orang tua.
Pada lingkungan keluarga, peran ibu sangat menentukan perkembangan anak yang tumbuh menjadi dewasa sebagai warga negara yang berkualitas dan pandai.

Sumber : Astuti (2013)

0 Response to " DEFINISI IBU RUMAH TANGGA "

Post a Comment