JOSINDONESIA

JOSINDONESIA

BAGAIMANA CARA MENURUNKAN BERAT BADAN

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan

 
Untuk mengetahui apakah Anda kelebihan berat badan atau tidak, dapat dihitung dengan menggunakan rumus Indeks Massa Tubuh (IMT) yaitu berat badan dalam kg dibagi tinggi badan dalam meter kuadrat. Contoh: 60/(1,56)kuadrat = 24,6 Pengelompokkan berdasarkan IMT adalah:
  1. Berat badan kurang: IMT<18,5
  2. Berat badan normal: IMT 18,5 - 25
  3. Berat badan berlebih: IMT 25 - 30
  4. Obesitas (kegemukan): IMT>30
Dilihat dari perhitungan berat badan berdasarkan IMT, Anda masih dikelompokkan dalam berat badan normal walaupun pada ambang batas atas. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan atau mencegah peningkatan berat badan berlebih adalah dengan :
  1. Makan pada waktu yang teratur dan hindari kebiasaan melewatkan waktu makan (seperti tidak sarapan)
  2. Hindari kebiasaan makan sebelum tidur
  3. Minum air sebelum makan
  4. Pilih karbohidrat seperti nasi, roti, sereal atau kentang sebagai sepertiga dari porsi makan. Pilih sumber protein rendah lemak seperti ikan, daging ayam tanpa lemak atau kacang-kacangan. Diet sehat lebih baik daripada diet cepat.
  5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.
  6. Makan dalam porsi kecil namun sering
  7. Meningkatkan gerak tubuh dengan cara berolahraga sesuai dengan kemampuan. Misalnya: lakukan jalan pagi selama 30 menit 5-6x seminggu.
  8. Hindari konsumsi camilan seperti keripik kentang, kue, gorengan, minuman kalengan.
  9. Istirahat yang cukup
  10. Perbanyak minum air minimal 2 liter sehari

Mencapai berat badan ideal membutuhkan waktu dan kesabaran. Diet untuk menurunkan berat badan secara cepat tidak baik untuk kesehatan. Jika Anda kesulitan walaupun telah melakukan diet dengan baik, dapat dikonsultasikan dengan dokter atau spesialis gizi sehingga dapat dilakukan perhitungan kalori yang tepat dan diketahui apakah ada penyakit lain yang menyebabkan gangguan pada proporsi tubuh (seperti masalah tiroid).

Semoga membantu,

 Sumber : dr. Theresia

0 Response to " BAGAIMANA CARA MENURUNKAN BERAT BADAN "

Post a Comment