JOSINDONESIA

JOSINDONESIA

BAGAIMANA CARA MENGHITUNG MASA SUBUR

Bagaimana cara menghitung masa subur



Untuk menghitung masa subur, pertama-tama harus di pelajari mengenai siklus menstruasi dan masa subur.

siklus menstruasi: siklus dari hari pertama haid terakhir sampai satu hari sebelum hari pertama haid terakhir (normalnya 21-35 hari)
lama siklus menstruasi 3-7 hari (hari pertama menstruasi sampai menstruasi benar-benar selesai)
banyaknya darah kira-kira 2-6x ganti pembalut perharinya.
Masa subur adalah masa dimana terjadinya ovulasi (sel telur matang dilepaskan dari indung telur ke rahim). Ovulasi ini terjadi sekitar hari ke 12-14 dari hari pertama haid terakhir. Sehingga masa subur kira-kira di hari 10-17 siklus menstruasi. Tetapi tentunya dapat berbeda-beda pada setiap orang, dikarenakan siklus haid yang berbeda-beda juga pada setiap orang. Hitung rata-rata siklus menstruasi Anda selama minimal 8 bulan.
Berikut cara menghitung masa subur jika rentang siklus haid diluar 21-35 hari, antara lain: 

1. Pada siklus terpendek Anda, misal: 27 hari. Kurangi dengan 18. Hasilnya: 9. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur. 

2. Siklus terpanjang Anda, misal: 35 hari. Kurangi dengan 11. Hasilnya: 14. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur. Jadi, apabila rata-rata siklus haid anda adalah 27-35 hari, maka masa subur anda berada pada hari ke 9-14 dari hari pertama haid terakhir. 

Berikut adalah cara-cara agar cepat hamil:

melakukan hubungan seksual di masa subur
untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik lebih baik tidak melakukan hubungan seksual setiap hari, kira-kira 3 hari setelah ejakulasi yang terakhir agar kualitas sperma menjadi baik
olahraga teratur 3-5x seminggu selama 30-45 menit
makan makanan bergizi
jaga berat badan ideal
istirahat cukup
hindari stress
dll
Untuk terjadinya kehamilan, maka sel sperma harus bertemu dengan sel telur matang dalam rahim. Dengan memasukan sperma dengan jari ke vagina kemungkinan hamil ada tapi peluangnya mungkin kecil, karena sperma harus menembus leher rahim agar masuk ke rahim untuk membuahi sel telur matang.

Semoga bermanfaat ya,

Sumber ; dr. Natasha.


0 Response to " BAGAIMANA CARA MENGHITUNG MASA SUBUR "

Post a Comment